Pelatihan OSN di Bandung 2018

Olimpiade Sains Nasional adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.
Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ini didasarkan pada kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO – International Physics Olympiad) yang diselenggarakan di Bali pada tahun 2002.
Olimpiade Sains Nasional diadakan sekali dalam satu tahun di kota yang berbeda-beda. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.

Untuk mengikuti kegiatan ini, sekolah-sekolah yang ada di Indonesia mempersiapkan siswa-siswinya untuk mengikuti olimpiade tersebut. Sama halnya dengan yang dilakukan oleh SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon yang juga mempersiapkan siswa-siswinya untuk mengikuti Olimpiade tersebut.

Pada tanggal 28 Februari 2018, para siswa-siswi peserta OSN tingkat kota Tomohon mengikuti seleksi tingkat kota yang diselenggarakan di SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon. Satu minggu kemudian, hasil OSK sudah  keluar dan hampir semua mata pelajaran diraih oleh siswa-siswi dari SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon untuk mewakili kota Tomohon ke tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada 17-19 April 2018.

Untuk melakukan persiapan menuju tingkat provinsi SMA Lokon biasanya mengadakan pelatihan di tempat-tempat yang mengadakan jasa pelatihan untuk OSN, dan pelatihan seperti ini rutin dilakukan setiap tahun dengan kota pelatihan yang berbeda-beda. Pada tahun 2018 ini, guru-guru yang mempersiapkan pelatihan memilih kota Bandung tepatnya di ITB (Institut Teknologi Bandung) sebagai tempat pelatihan bagi siswa SMA Lokon. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8-14 April 2018.

30073377_2087743421266095_5993645685302586598_o

Minggu, 8 April 2018, hari keberangkatan kami dari Manado-Bandung menggunakan pesawat. Sekitar pukul 18.00 WIB langsung menuju Hotel Wisma Dago untuk istirahat.

Senin-Jumat, 9-13 April 2018, kami sarapan pagi pukul 07.00 WIB setelah itu pukul 07.30 kami berangkat ke ITB untuk mulai pelatihan. Pelatihan diadakan dari pukul 08.00-17.00 WIB. Kegiatan berjalan seperti ini sampai selesai pelatihan di Bandung. Masing-masing bidang di tempatkan di tempat berbeda tetapi masih dalam satu kampus ITB.

Pada Sabtu, 14 April, kami berangkat dari Bandung-Manado, transit Balikpapan dan sampai di Manado sekitar pukul 16.00 WITA.

Pada tanggal 18 April 2018, kami mengikuti seleksi OSN tingkat Provinsi yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Manado.

Tanggal 8 Mei 2018, kami mendengarkan hasil dan dari SMA Lokon ada satu siswa yang berhasil lolos ke OSN bidang Kebumian.

Tetapi kami sangat bangga karena sudah mencapai Olimpiade tingkat Provinsi.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s