Dampak Buruk Mencontek dan Berpengaruh Negatif Saat Ujian

     

Mencontek sepertinya sudah menjadi kebiasaan sebagian pelajar dari mulai siswa SD sampai mahasiswa. Cara menconteknya pun semakin lama semakin beragam dan canggih. Kalau di zaman dulu contekan hanya ditulis di kertas kecil atau di buat coretan di atas meja. Sekarang contekan cukup dikirim melalui sms. Bukan hanya ulangan harian, semesteran bahkan ujian nasional pun tidak luput dari upaya contek mencontek. Parahnya lagi ditingkat mahasiswa, skripsi yang dibuat pun hasil mencontek.
Padahal mencontek punya dampak buruk bagi pelakunya. Dampak buruk ini ada yang langsung dirasakan akibatnya, tapi ada juga dampak yang sifatnya jangka panjang. Mencontek memiliki dampak buruk diantaranya yaitu:
1. Malas belajar. Orang yang suka mencontek tidak akan punya motivasi belajar yang tinggi. Mereka justru semakin malas belajar dan mengandalkan contekan ketika menghadapi ujian. Akibatnya sangat jelas, pelajar dan mahasiswa seperti ini mungkin bisa dapat nilai bagus tapi pasti tidak bisa menguasai ilmu yang seharusnya mereka tahu.
2. Biasa bohong. Mencontek memerlukan kebohongan untuk mensukseskan misinya. Orang yang biasa mencontek akan biasa pula berbohong. Mereka menjadi orang yang terbiasa tidak jujur kepada diri sendiri dan orang lain. Tentu kebiasaan bohong ini akan sangat berbahaya karena mereka bisa menjadi orang yang tidak dipercaya perkataan dan perbuatannya.
3. Menghalalkan segala cara. Apapun akan dilakukan oleh orang yang biasa mencontek. Mereka akan mencari segala macam cara agar bisa mencontek dengan sukses. Cara halus dan kasar pun akan mereka lakukan. Bahayanya sikap menghalalkan segala cara ini bisa menjadi kebiasaan.
4. Menular. Ada yang mengibaratkan mencontek itu dengan penyakit yang bisa menular ke semua orang. Jika melihat teman sekelasnya bisa mencontek, tetangga kiri dan kanannya pun pasti akan mengikuti. Kebiasaan buruk ini pun menular dan menyebar ke seantero kelas. Bahkan bisa juga menular ke kelas lain.
5. Tidak percaya diri. Tukang nyontek itu orang yang tidak percaya diri. Semakin sering dia mencontek, semakin berkurang rasa percaya dirinya kalau dia bisa mengerjakan sendiri. Setiap orang sebenarnya memiliki kemampuan untuk menerima pelajaran. Sayangnya sebagian orang ada yang malas menggunakan kemampuannya itu.
Dampak buruk mencontek lebih besar dari itu sebenarnya. Perilaku mencontek dengan segala dampak buruknya bisa menjadi kebiasaan di luar sekolah atau kampus. Mereka akan menjadi orang yang malas, suka bohong, menghalalkan segala cara, tidak percaya diri dan menjadi contoh yang buruk bagi teman-temannya.
Marilah kita hentikan kebiasaan mencontek dari sekarang, dimulai dari diri kita sendiri. Lebih baik dapat nilai bagus dari hasil belajar sendiri daripada dapat nilai jelek hasil mencontek. Iya kan?
Menyontek juga berpengaruh negatif saat ujian :
Berikut beberapa dampak negatif terhadap Psikis akibat mencontek saat ujian:

1. Ketergantungan terhadap Catatan atau Orang Lain
Jika terbiasa mencontek, maka akan ketergantungan kepada orang lain atau catatan. Hal ini akan dirasakan setelah mencontek yang pertama, maka akan ketergantungan pada unjian selanjutnya.

 

*
Bebaskan Diri dari Ketergantungan

 

2. Hilangnya Rasa Percaya Diri
Akan hilang rasa percaya dirinya saat mengikuti ujian selanjutnya. Tidak percaya pada jawaban dirinya, menganggap jawaban orang lain lebih benar.

 

*
Percaya pada Diri Sendiri

 

3. Tidak Bisa Menjadi Diri Sendiri
4. Tidak Bisa Menghargai Pendapat Diri Sendiri  

 

*
Jadi Diri Sendiri

 

5. Tidak Bisa Mengembangkan Ide dan Menghancurkan Kreatifitas
Mencontek akan mengalami kesulitan mengembangkan ide sendiri, bahkan dapat menghilangkan ide.

 

*
Menghambat Kreatifitas

 

6. Tidak Terlatih untuk Menghadapi dan Menanggapi Masalah  
Tidak terlatih menghadapi masalah, tidak terlatih untuk mencoba menyelesaikan masalah sendiri.

 

*
Hadapi Masalah dengan Tenang

 

7. Menumbuhkan Sifat Malas Belajar
8. Menumbuhkan Sikap Tidak Jujur
9. Menimbulkan Perasaan Takut dan Cemas
10. Menimbulkan Sifat Tidak Bisa Berlaku Adil
11. Menimbulkan Sikap Menghalalkan Berbagai Cara Untuk Mencapai Tujuan
12. Menumbuhkan Sikap Memaksa Kehendak
13. Membohongi Diri Sendiri
14. Tidak Bisa Menghargai Diri Sendiri  

 

*
Menghargai Diri Sendiri

 

 

Sumber : https://id.scribd.com/document/53754944/DAMPAK-NEGATIF-MENYONTEK

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s